PAMA SSBA Bersama DLH Muara Enim Gelar Penghijauan di Desa Tegalrejo

enimpost.com,MUARA ENIM,- Dalam upaya mendukung terciptanya lingkungan yang lebih hijau dan berkelanjutan, PT Pamapersada Nusantara (Pama) SSBA melakukan aksi penanaman 1.100 batang pohon buah di sekitar wilayah operasional IUP PT Bukit Asam Tbk Tanjung Enim Sumatera Selatan, Senin 30 September 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program rehabilitasi lahan kritis yang bertujuan untuk mengembalikan fungsi ekologis di area tersebut. Selain menjaga keseimbangan lingkungan, aksi ini juga menjadi langkah nyata Pama dalam menjalankan tanggung jawab sosial dan lingkungan (CSR).

Dalam kegiatan ini, Pama menggandeng Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Muara Enim, pemerintah Desa Kecamatan Lawang Kidul, serta melibatkan warga setempat sebagai bentuk kolaborasi untuk memperkuat pelestarian lingkungan.

Dengan adanya partisipasi aktif dari berbagai pihak, diharapkan penanaman pohon ini dapat memberikan dampak positif jangka panjang bagi lingkungan dan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Sekretaris Camat Lawang Kidul, Yudha Pratama S.STP. MM menyampaikan apresiasi aksi kolaborasi PT PAMA dengan Dinas Lingkungan Hidup Muara Enim melaksanakan kegiatan penghijauan di wilayahnya. Camat berpesan kepada masyarakat agar ikut menjaga keberlangsungan lingkungan untuk kehidupan yang lebih baik.

“Menjaga lingkungan bukan cuma tanggung jawab pemerintah dan perusahaan, tapi seluruh masyarakat, terimakasih kepada pemerintah kabupaten melalui DLH yang telah menginisiasi kegiatan ini, juga apresiasi kami kepada stakeholder yang berperan terutama PTBA dan PT.Pama yang telah menyediakan bibit tanaman,” terang Yudha.

CSR Section Head PT PAMA SSBA, Danang Prakoso menyampaikan, sebagai perusahaan yang tidak hanya berfokus pada aspek bisnis, tetapi juga pada keberlanjutan lingkungan, dirinya menyadari betapa pentingnya menjaga keseimbangan antara pembangunan ekonomi dan kelestarian alam.

“Kegiatan penanaman pohon ini merupakan salah satu bentuk nyata komitmen kami untuk turut serta dalam menjaga lingkungan, mengurangi dampak perubahan iklim, serta menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan asri bagi generasi mendatang. Diantara 1100 batang yang akan ditanam PT Pama berkontribusi sebanyak 450 batang dengan berbagai jenis tanaman diantaranya, Duren, Alpukat, Nangkadak, Sawo dan Klengkeng”, ungkap Danang Prakoso.

Ia berharap kegiatan ini dapat menjadi langkah awal untuk membangun kesadaran kolektif akan pentingnya menjaga lingkungan.

“Semoga, setelah acara ini, masyarakat dapat terus merawat dan menjaga pohon-pohon yang telah ditanam dan dibagikan nantinya, sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara berkelanjutan”, harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Muara Enim yang diwakili Meidiana, dirinya mengajak masyarakat untuk menjaga tanaman baik yang sudah tumbuh maupun yang baru ditanam.

“Semoga apa yang kita lakukan, yang kita tanam hari ini mampu memperbaiki kwalitas udara menjadi lebih baik dan sehat dengan ditanam nya 1100 batang pohon buahan, mari kita jaga, rawat dan pelihara bersama”, ajak Meidiana.

Hadir pada giat ini, Sekcam Lawang Kidul Yudha Pratama,S.STP, M.M, DLH Kab.Muara Enim diwakili Meidiana, PT Bukit Asam Tbk, AVP PHR DAS, Ketut Junaidi, CSR Section Head PT Pama, Danang Prakoso dan CSR Officer, Joko Budi Santoso,S.Hut, UPTD KPH wilayah VIII Semendo, Ahmad Mirza, Kepala UPTD Persampahan, Dedi Elyadi, Kepala Desa Tegal Rejo, Teguh Priono dan perangkat desa, Kepala BPD dan anggota, para Ketua RT dan Kadus, Babinsa Pelda Decky Iskandar, Bhabinkamtibmas Bripka Pajri Arianto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *