Babinsa Aktif Pantau Kondisi Debit Air Sungai Terkini, Hingga Himbau Warga Waspada Banjir

Enimpost.com,MUARAENIM – Beberapa hari ini intensitas hujan terjadi di beberapa wilayah Kabupaten Muara Enim dan sekitarnya. Hal itu membuat debit air Sungai Lematang meningkat, akan tetapi masih dalam kondisi aman. Meskipun begitu, masyarakat yang bermukim di sekitar Sungai tetap waspada, dan selalu memantau kondisi sungai terkini.

Kondisi cuaca itu juga mendapat respon positif dari pemerintah setempat, bahkan anggota TNI yang bertugas di desa pun ikut terlibat dalam pemantauan kondisi air Sungai Lematang di Muara Enim.

Seperti respon dari Babinsa Koramil 04/Gunung Megang, Sertu Irsa Farsi, bersama dengan Bhabinkamtibmas Bripka Absori, melaksanakan pengecekan debit air Sungai Benakat di Kecamatan Benakat, sejak awal pekan ini Senin 1 Juli 2024 hingga kemarin.

Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya pencegahan dan antisipasi terhadap potensi banjir di wilayah tersebut.

Dalam kesibukan kegiatan di wilayah, Babinsa Koramil pada umumnya memiliki kewajiban untuk selalu memantau desa binaan. Hal ini penting karena Babinsa dituntut untuk dapat bertindak cepat dalam setiap kejadian, baik dalam hal temu cepat maupun lapor cepat.

Menurut Sertu Irsa Farsi, pengecekan debit air Sungai Benakat dilakukan untuk mengetahui kondisi terkini air di sungai.

“Dengan demikian, jika tiba-tiba air naik, kita bisa mengetahuinya dengan cepat dan segera melaporkannya agar dapat ditindaklanjuti,” jelasnya.

Sertu Irsa Farsi juga menambahkan, untuk saat ini, kenaikan debit air belum menunjukkan peningkatan. Kami akan terus mengadakan pengecekan serta koordinasi dengan warga yang bermukim di pinggiran aliran sungai guna menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *