Desa Muara Gula Baru Bakal Dijadikan Percontohan Anti Korupsi

Enimpost.com,UJANMAS – Pemkab Muara Enim menunjuk Desa Muara Gula Baru Kecamatan Ujan Mas segera menjalani tahapan Observasi pemilihan Desa Anti Korupsi yang digelar oleh Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI.

Hal ini disampaikan secara langsung oleh Ketua Tim Observasi Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat dari KPK Friesmount Wongso dalam audiensinya bersama Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim H Riswandar, Senin (30/01) di Ruang Rapat Serasan Sekundang.

Dalam kesempatan itu, Friesmount Wongso yang hadir juga didampingi Bunga Alamanda dan Febryan Kelana selaku Tim Observasi Direktorat Pembinaan Peran Serta KPK menuturkan bahwa di Provinsi Sumatera Selatan sendiri terdapat 3 Desa yang akan menjalani tahapan Observasi dalam pemilihan Desa Anti Korupsi yakni diantaranya Kabupaten Banyu Asin Desa Rejodadi, Batu Raja Ogan Komring Ulu Desa Karang Dapuh dan Kabupaten Muara Enim Desa Muara Gula Baru Kecamatan Ujan Mas.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa untuk menjadikan Desa Muara Gula Baru ini sebagai Desa Anti Korupsi yang definitif, harus memenuhi 5 Indikator dan 18 Sub Indikator, seperti tata laksana desa, tata pengawasan, kualitas pelayanan publik, penguatan partisipasi masyarakat sekitar sampai dengan kearifan lokal yang ada.

“Besok sesuai rencana kita akan lakukan observasi di Desa Muara Gula Baru dan saya ingatkan kepada pak kades untuk tampil dengan apa adanya jangan berlebihan menyambut kami selaku tim observasi, jangan sampai nantinya kegiatan kita mengganggu aktivitas sehari-hari masyarakat sekitar karna tentunya kearifan lokal juga merupakan salah satu daru indikator penilaian,”ujarnya.

Sementara itu, mewakili Bupati Muara Enim Pj Sekda mengucapkan selamat datang seraya berterima kasih kepada Ketua beserta tim Observasi Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK yang telah memilih Desa Muara Gula Baru Kecamatan Ujan Mas ini untuk menjalani tahapan Observasi dalam pemilihan Desa Anti Korupsi yang digalang oleh Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK.

“Tentunya pak kami selaku Pemerintah Kabupaten Muara Enim akan selalu mensupport tidak hanya Desa Muara Gula Baru saja nantinya kita harapkan kedepan akan muncul desa-desa lainnya yang dapat menjadi acuan bagi Desa yang ada di Kabupaten Muara Enim sendiri maupun Desa Kabupaten / Kota Tetangga yang ada di Prov. Sumsel sebagai Desa Anti Korupsi,”tegas Pj. Sekda dengan penuh optimis.

Nampak hadir juga dalam kesempatan itu, Inspektur Kabupaten Muara Enim, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Muara Enim, perwakilan dari Dinas PMD, Kabag Umum, Camat Ujan Mas serta Kades Muara Gula Baru.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *