Dewan Pendidikan Muara Enim Gelar Lomba Tahsin Alquran Tingkat Pelajar SD dan SMP

Enimpost.com,MUARA ENIM – Dewan Pendidikan Kabupaten Muara Enim menggelar lomba Tahsin Al Qur’an tingkat Kabupaten Muara Enim yang diikuti siswa SD dan SMP. Acara yang di selenggarakan di SD Negeri 6 Kecamatan Muara Enim itu diikuti peserta perwakilan tingkat Kecanatan. Pada Rabu (20/9/2023).

Ketua Dewan Pendidikan Muara Enim, H Sartimin SIP MM menerangkan, lomba Tahsin Al Qur’an ini diselenggarakan sebagai dukungan untuk kemajuan pendidikan di daerah, khususnya untuk menuntaskan buta huruf Alquran.

“Lomba Tahsin dilaksakanan secara berjenjang, dimulai dari tingkat sekolah, tingkat kecamatan dan finalnya tingkat kabupaten. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas gerakan baca tulis Al-Qur’an khususnya di SD dan SMP dalam kabupaten Muara Enim,” ungkap Sartimin.

Dalam teknis pelaksanaan lomba ini diketuai oleh ustadz H. M. Amin Lc, M.M dengan melibatkan guru-guru Pengabdi PAI. Final Lomba Tahsin diikuti 10 peserta masing-masing putra dan putri SD dan SMP, dengan peringkat juara hasil penilian sebagai berikut.

Tingkat SD Putri, Juara 1 diraih Hanni Virginia Anggraini (SDN 15 Sungai Rotan), Juara 2 diraih Nazwa Nayla Salsabila (SDN 18 Lawang Kidul), dan juara 3 diraih Yasmin Nur Aida (SDN 3 Gelumbang ). Tingkat SD Putra juara 1 diraih Mustofa Fakhry Kafa Bihi (SDN 1 Lawang Kidul ), juara 2 diraih Azril Delvito (SDN 3 Rambang), da juara 3 ditaih Azam Mubdi (SDN 14 Gelumbang).

Kemudian Tingkat SMP Putri juara 1 diraih Isna Fadilah (SMPN 4 Gelumbang ), juara 2 diraih Arviliani Putri (SMPN 2 Rambang), juara 3 raih Fauza Arsyili (SMP IT Rabbani Muara Enim ). Tingkat SMP Putra juara 1 diraih Endru Perdiansyah (SMPN 1 Lembak), juara 2 diraih Arya Abdillah (SMP IT Rabbani Muara Enim), dan juara 3 diraih Muharam Andre Saputra (SMPN 1 Gelumbang).

“Masing-masing juara lomba mendapatkan hadiah dan piagam dari dewan Pendidikan serta mendapat buku Tabungan dari Bank Sumbel Babel Syariah Muara Enim,” imbuh Sartimin.

Sartimin menambahkan, kegiatan ini dapat terlaksana berkat dukungan berbagai pihak. Khsusunya dia mengucapkan terimakasih kepada PT Pama Persada karena sudah mensuport Dewan Pendidikan Kabupaten Muara Enim.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabuoatem Muara Enim, Drs. H. Rusdi Hairullah, MSi, dalam sambutan dan pengarahannya, menyampaikan terimakasih dengan terlaksananya kegiatan lomba Tahsin, karena kegiatan tersebut merupakan realisasi visi Pemerintah Kabupaten Muara Enim yang agamis dan juga merupakan bentuk implementasi dari tujuan Pendidikan Nasional yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan YME serta berakhlak mulia.

“Kedepan saya berharap untuk diagendakan kedepan agar pelaksanaanya lebih besar lagi. Kepada para juara diharapkan dapat mengikuti lomba level lebih tinggi, khususnya kepada ananda Hanni Virginia Anggraini yang akan mengkuti lomba MTQ tingkat nasional 2023 di Kota Jambi, selalu istiqomah dan insya Allah bisa berhasil dan dapat mengharumkan nama Muara Enim dan Sumsel. Kepada pihak sekolah kiranya untuk dapat melaksanakan kegiatan literasi religious secara kontinyu agar terwujudnya peserta didik yang agamis,” ungkapnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *