KADIN Muara Enim Jajaki Peluang Ekspor

Enimpost.com,MUARA ENIM – Kamar Dagang Dan Industri (KADIN) Kabupaten Muara Enim tengah melakukan penjajakan peluang ekspor membantu memperluas pasar produk dari UMKM di daerah.

Langkah awal ini, Kadin Muara Enim menggelar workshop dengan tema, Pengembangan, Peluang, dan Orientasi Ekspor. Acara yang berlangsung di Kantor KADIN itu menghadirkan narasumber dari Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Ketua KADIN Muara Enim, Iwan Kurniawan SH MH MKn menjelaskan, peluang ekepor untuk produk unggulan di daerah ini sangat terbuka lebar. Akan tetapi produk UMKM di daerah belum ada yang bisa menembus pasar itu (Ekspor,red). Nah, dalam hal ini, KADIN ingin menjembatani antara pelaku UMKM dengan Bayer dari luar negeri.

“Oleh karena itu, kami mengundang Dinas Perdagangan Provinsi Sumsel untuk memberikan wawasan, edukasi, serta pengetahuan tentang tatalaksana ekspor. Kedepan kita juga akan mengundang pelaku ekpor untuk memberikan pelatihan kepada kami , pelaku UMKM supaya bisa menjadi eksportir,” kata Iwan Kurniawan.

Menurutnya, bahwa sudah banyak produk-produk UMKM di daerah yang di kemas dengan bagus, menarik, yang didukung dengan legalitas, serta sertifikasi halal produk. Baik pelaku UMKM secara mandiri, maupun binaan pemerintah, dan perusahaan. Akan tetapi, masih pada perluasan pemasaran inilah menjadi kendala mereka sehingga usahanya menjadi stagnan atau mentok, tidak berkembang.

“Dari situ, KADIN berencana akan membangun Agen Ekspor, atau agrigator untuk menjembatani pelaku UMKM di daerah supaya bisa memperluas pemasaran ekspor,” tambah Iwan.

“Untuk itu, KADIN Kabupaten Muara Enim mengapresiasi dukungan dari Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan. Atas kepeduliannya memberikan workshop tetalaksana ekspor ini sehingga, pengurus KADIN dapat memperluas wawasannya.

“Kami sangat berterima kasih sekali kepada Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan, khususnya kepada bapak Ir Achmad Mirza MM bersama stafnya datang ke Muara Enim untuk memberikan materi tatalaksana ekspor kepada pengurus KADIN Muara Enim,” kata Iwan.

Sementara itu, Nara sumber Ir Achmad Mirza MM pun menyambut baik undangan dari KADIN Muara Enim untuk berbagai ilmunya kepada para pengurus KADIN Muara Enim.

“Kami sangat menyambut baik, semangat dari teman-teman KADIN Muara Enim yang ingin membantu UMKM di daerah bisa memperluas pasar ekspor. Tentunya, bisa dimulai dari menjadi agrigator, istilahnya pengepul menjembatani antara produsen dengan Bayer dari laur negeri. Salah satunya bis rajin mengikuti ekspo dengan skala internasional,” terang Mirza.(ep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *