KADINDA Siap Sinergi Dengan Pemkab Muara Enim, Siapkan UMKM Daerah Masuk Pasar Ekspor

Enimpost.com,MUARA ENIM – Sinergi akan di bangun Kamar Dagang Indonesia Daerah (KADINDA) Muara Enim dengan pemerintah daerah, serta perusahaan guna menjadi fasilitator bagi UMKM yang ada di Bumi Serasan Sekundang dalam rangka memperluas pemasaran produknya hingga memasuki pasar ekspor. Terutama untuk komoditi potensial seperti kopi, teh Rosella, serta produk ekonomi kreatif batik, dan lainnya.

Program KADIN Muara Enim, kedepan akan mempersiapkan para Pelaku UMKM melalui pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) pelatihan digital marketing, pelatihan ekspor, serta mengikutsertakan UMKM dalam kegiatan Exspo, Bazar tingkat nasional, maupun internasional.

“Salah satu program yang akan kita garap yakni KADIN Muara Enim mengajak UMKM khususnya binaan perusahaan, untuk terlibat pada forum investasi dan perdagangan melalui Forum Bisnis dan Pameran BITTEX 2023 di Batam. Dimana kegiatan itu di selenggarakan oleh KADIN Batam pada bulan Mei mendatang,” ungkap Iwan Kurniawan SH MH MKn, Ketua Umum KADIN Muara Enim, Rabu (8/3/2023).

Kegiatan tersebut merupakan jembatan pasar global bagi pelaku UMKM di daerah. BITTEX merupakan kegiatan bisnis skala internasional yang di prakarsai oleh kamar dagang dan industri kota Batam. Dalam forum bisnis itu, akan mempertemukan UMKM daerah di seluruh Indonesia, dengan pembeli, ataupun investor mancanegara, seperti Singapura, Malaysia, dan pelaku usaha di kota Batam sendiri.

“Kemudian, yang menarik pada even itu adalah misi dagang ke Singapura. Disitu pelaku UMKM akan di ajak ke Singapura untuk berjualan produknya langsung dengan pembeli di negara itu. Sehingga akan memperkuat jaringan bisnis, dan pemasaran,”ungkap Iwan lagi.

Namun, imbuh Iwan, tentunya KADIN Muara Enim tidak dapat bekerja sendiri untuk melakukan terobosan membantu para pelaku UMKM daerah Go Internasional. KADIN Muara Enim sangat membutuhkan support dari pemerintah Kabupaten Muara Enim, serta pemangku kepentingan di daerah.

“Hal itu sejalan dengan misi Pemkab Muara Enim melalui PLT bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah yakni menuju Muara Enim Birokrasi Kelas Dunia. Salah satunya dukungan pada kemajuan UMKM di daerah sehingga dapat berorientasi pada ekspor,” urai Iwan.(ep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *