Siswa SMK Bina Mulya Tanjung Enim Dilatih Terampil Mekanik Wheel Loader

Enimpos.com, MUARA ENIM – Sebagai wujud kepedulian perusahaan kepada masyarakat di sekitar operasional perusahaan. CV Hapri Jaya Perkasa (HJP) usaha di bidang rental alat berat asal Tanjung Enim memberikan pelatihan kepada siswa SMK jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR). Dengan materi tentang mekanik, dan operasi alat berat.

Seperti siswa SMK Bina Mulya (SMKBM) Tanjung Enim saat di datangkan alat berat Wheel Loader di halaman sekolah, Kamis (9/3/2023).

Selain itu, sekolah yang berlokasi di Tegalrejo Kecamatan Lawang Kidul tersebut melakukan penandatangan MOU dengan pihak perusahaan sehingga pelatihan dapat berkelanjutan. Pihak SMK Bina Mulya di wakili H Ahmad Muhammad SE, dan pihak CV Hapri Jaya Perkasa di wakili Heryani selaku Direktur.

“Motivasi kami ialah ingin menciptakan tenaga kerja lokal handal, dan terampil bekerja di pertambangan batubara. Sehingga pemuda kita bisa bersaing, sehingga penyerapan tenaga kerja lokal dapat lebih dominan di perusahaan-perusahaan tambang di Tanjung Enim dan Tanjung Agung,” terang Hapriansyah mewakili CV Hapri Jaya Perkasa, di dampingi Heryani direktur utama.

Dijelaskan, dari pihak perusahaan menyiapkan materi dasar tentang mekanik alat berat tambang, mulai dari mengenal komponen, fungsi dari masing- masing komponen pada mesin alat berat. Kemudian, siswa diberikan materi tentang hidrolik, tranmisi, sistem pendingin, hingga pada pengapian untuk menghidupkan alat berat tambang Wheel Loader Tipe SYZG Seri 930.

“Satu kali pertemuan 4 jam, seminggu bisa 2 kali pertemuan,” kata Hapriansyah.

Imbuh dia, CV Hapri Jaya Perkasa saat ini memiliki ratusan alat berat tambang dengan berbagai jenis, meliputi Dozer, Wheel Loader, Exavator, Greder yang saat ini disewakan kepada perusahaan tambang, maupun perorangan. Mendapatkan alat berat tambang itu, pihaknya mendapat support dari ATTS atau Asian Tenggara Tractors yang berkantor di Singapura. Perusahaan itu yang mensuplai seluruh alat berat ke CV Hapri Jaya Perkasa Tanjung Enim.

“Selain di SMK Bina Mulya, ini kami juga melatih anak-anak SMK lainnya, seperti SMK Mutiara. Target kami kedepan sekolah-sekolah kejuruan di sekitar Lawang Kidul dan Tanjung Agung dulu,” pungkas Hapri.

Sementara itu, H Ahmad Muhammad SE, Kepala SMK Bina Mulya Tanjung Enim menyambut baik adanya kerjasama dengan CV Hapri Jaya Perkasa. Dimana, para siswa akan mendapat materi tambahan ketrampilan mekanik alat berat tambang batubara.

“Melalui kegiatan ini, tentunya menambah wawasan siswa kami jurusan TKR. Supaya ada ketrampilan tambahan, selain materi dari sekolah. Disini, siswa tidak hanya mendapatkan teori namun pegang langsung alat berat tambang Wheel Loader,” ungkap Ahmad.(ep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *