PAMA SSBA Terdepan Membantu Warga Korban Banjir di Tanjung Enim Sumatera Selatan

Enimpost.com,MUARAENIM – Peristiwa banjir yang merendam sebagian pemukiman warga di Tanjung Enim Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan pada Kamis (23/5/2024) pagi menjadi keperihatinan banyak pihak. Tidak hanya pemerintah setempat, dan PT Bukit Asam Tbk, bantuan datang dari PT Pamapersada Nusantara (Pama) SSBA yang tampak aktif menerjunkan Tim Rescue untuk melakukan evakuasi warga, dan memberikan bantuan melalui program CSR kepada para korban banjir.

Aksi dari Pama itu mendapat apresiasi pemerintah setempat, Camat Lawang Kidul Andrille Martine SE secara langsung menyampaikan bahwa peran dari perusahaan-perusahaan yang ada di Tanjung Enim pada saat bencana banjir ini terlihat sangat tanggap. Apresiasi juga disampaikan kepada PT Pama Persada Nusantara yang sudah menerjunkan Tim evakuasi, dan memberikan bantuan kepada para korban.

Dijelaskan Andrille bahwa banjir yang melanda itu dari luapan air Sungai Enim akibat dari intensitas hujan yang sangat tinggi pada Rabu malam (23/5/2024) hingga Kamis pagi (24/5/2024). Akibatnya terjadi beberapa titik lokasi mengalami banjir, seperti di Gang Bangka, Talang Gabus Kelurahan Tanjung Enim, Desa Tegalrejo, Keban Agung dan Desa Lingga.

“Sementara ini, kebutuhan makan bagi para korban banjir kita prioritaskan, bahkan dari PTBA dan Pama, dan perusahaan lain sudah mendistribusikan nasi kotak,” terang Andrille.

Andrille Martine juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada jika luapan air Sungai Enim akan terus meningkat. Mengingat, cuaca sampai saat ini masih berpotensi akan terjadi curah hujan yang sewaktu-waktu bisa datang.

“Saya menghimbau kepada warga untuk tetap waspada karena akan ada potensi banjir susulan. Mengingat cuaca masihendung, dan berpotensi curah hujan,” imbuhnya.

Pendistribusian bantuan nasi kotak dari Pama disalurkan melalui Posko induk yang berada di Halaman Masjid Assaadah Tanjung Enim. Bantuan diserahkan oleh Project Manager PT Pamapersada Nusantara SSBA Site MTBU, Bayu Setyawan didampingi Danang Prakoso, CSR Dept Head Faisal Imron, CSR Officer Joko Budi Santoso, Devita Sari Sirait, Franky, Johansyah, dan Tim Rescue dibawah komando Ade Pranata.

“Pama ikut berduka atas musibah banjir di Tanjung Enim. Kami berharap masyarakat yang terdampak untuk bersabar atas cobaan ini,” ungkap Bayu di lokasi Posko banjir.

Bayu menambahkan, peristiwa banjir ini sangat menjadi perhatian dari perusahaan. Dimana, sejak pagi Pama sudah menerjunkan tim ERT guna membantu evakuasi warga, dan mendistribusikan bantuan kepada para korban.

“Pertama yang sangat diperlukan oleh warga yakni makan dan minum, dan Pama siap untuk membantu dan didistribusikan melalui Posko banjir yang didirikan pemerintah setempat. Berikutnya Pama juga akan memberikan bantuan terpal dan karpet untuk para korban banjir sehingga bisa beristirahat,”imbuhnya

Adapun bantuan yang sudah disalurkan Pama pada Kamis 23 Mei 2024 hingga pukul 20.30 WIB, yaitu 380 dus Air mineral, 3000 Nasi kotak, 450 Dus Mie instant, 2 tim ERT (14 personil rescue + 2 perahu karet, 1 Tim CSR (7 personil), 1 unit Water Truck utk membersihkan jalan. Selanjutnya nantuan didistribusikan melalui 1 Posko Induk, 5 Posko Desa/Keluarahan di Kecamatan Lawang Kidul, dan 2 Posko Desa di Kecamatan Muara Enim Sumsel.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *