Siswa SMPN 2 Lawang Kidul Lestarikan Budaya Melalui Pentas Seni

Enimpost.com,MUARA ENIM – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim menggelar kegiatan Pentas Seni (Pensi) siswa, Selasa (16/5/2023). Dalam rangka sebagai ujian mata pelajaran seni dan budaya bagi siswa kelas IX di Aula sekolah setempat.

Acara pentas seni ini rutin dilaksnakan setiap tahun dan wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas IX sebab merupakan tuntutan kurikulum dan salah satu penilaian ujian praktek yang nilainya akan tercantum di rapor.

“Ini merupakan ujian praktik yang akan diambil nilai untuk mata pelajaran seni budaya dan kegiatan ini sebagai ajang bagi siswa untuk mengeluarkan bakatnya,” terang Nuraini SPd guru mata pelajaran seni dan budaya di sekolah itu.

Dikatakan, pentas seni ini dlaksanakan dengan harapan siswa dapat lebih mencitai budaya sendiri sehingga tidak terpengaruh dengan budaya luar yang memiliki dampak negatif.

“Masing-masing kelas bisa mengirim 3 grub, dan kegiatan pentas seni ini melibatkan 245 siswa kelas IX. Sekolah juga melibatkan Paguyuban untuk mensukseskan acara pentas seni siswa ini,” urainya.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 2 Lawang Kidul, Heri Candra SPd MSi menerangkan, adapun tema kegiatan pentas seni yakni dengan seni budaya meningkatkan kreativitas siswa. Ia berharap, adanya kegiatan ini dapat menyalurkan bakat seni para siswa, serta menjadi ajang kreativitas dalam melestarikan budaya di Bumi Serasan Sekundang.

“Siswa kelas IX baru saja menyelesaikan ujian akhir sekolah. Kemudian dengan praktek kegiatan sini ini guna menambah nilai rapor mereka,” kata Heri.(ep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *