Asosiasi Pedagang Kaki Lima Siap Dukung Tanjung Enim Kota Wisata

Enimpost.com, MUARA ENIM – Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) Kabupaten Muara Enim hadir di Bumi Serasan Sekundang dan siap mendukung PT Bukit Asam Tbk mewujudkan Tanjung Enim sebagai kota tujuan wisata di Sumatera Selatan. Dengan kolaborasi bersama perusahaan BUMN itu, DPD APKLI Muara Enim siap memeriahkan Kota Tanjung Enim dengan kegiatan ekonomi kreatif melalui UMKM.

Hal itu di sampaikan Sekjen APKLI Muara Enim, Wahyu Perdana Putra SSi pada saat dilibatkan pada forum diskusi bertajuk ” Tanjung Enim Tujuan Wisata” pada acara Bazar Kuliner UMKM dalam rangka HUT PT Bukit Asam ke-42 tahun di Museum Batubara Tanjung Enim, Jumat (3/3/2023).
Harapan Wahyu kepada PTBA selaku penggagas Tanjung Enim Tujuan Wisata adalah melibatkan banyak UMKM untuk meramaikan sekitar dstinasi-destinasi wisata. Kemudian memfasilitasi para pelaku UMKM di sekitar Tanjung Enim mendapatkan akses kemudahan dalam berusaha, dan fasilitas untuk mendukung daya tarik wisatawan.

“Dimana para pedagang,(pelaku UMKM) merupakan masyarakat sekitar yang sangat mengharapkan dampak positif dari keramaian wisata di Tanjung Enim. Saya berharap tim Kota Wisata PTBA dapat memberikan tempat layak bagi para pedagang agar lebih tertib dan menjadi daya tarik tambahan bagi wisatawan,” kata Wahyu.

Wahyu Juga menyampaikan sejarah panjang pedagang kaki lima itu sudah lahir sejak era kolonial, dimana para pedagang ini muncul ketika era kolonial membangun trotoar berukuran 5 kaki. Sehingga disebut lah pedagang kaki lima. Dengan kata lain pedagang adalah pekerjaan yang sudah lama hadir di tanah.

Bazar itu diikuti oleh lebih dari 60 tenant kuliner baik lokal maupun interlokal selama sepekan. Hadir pada Talk Show itu, Perwakilan dari para kolaborator Tim Kota Wisata Tanjung Enim PTBA oleh Purnomo Dari PTBA, lalu Erwin Dari PT. Bukit Asam Kreatif, Serta Erizaldi Kordinator Rumah BUMN Bukit Asam.

Ditambahkan, Ketua Bidang UMKM DPD APKLI Ilham Saputra AMd mengatakan, jika di sekitar PT Bukit Asam UMKM nya bangkit, maka akan menjadi kekuatan ekonomi baru di Kota Tanjung Enim, dan Kabupaten Muara Enim.

“Melalui kegiatan Talkshow, kami berharap kegiatan ini bisa menjadi mendukung pedagang kecil, serta menjadi gerakan kebangkitan nasional yang berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomiā€, kata Ilham Saputra.(ep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *