Belajar Tanaman Dengan Outing Class

Enimpost.com, MUARAENIM – Bertepatan denga tema “Tanaman”, yang menjadi pokok pembelajaran. Siswa Paud Kamboja Muara Enim melakukan kunjungan belajar pertanian Hidroponik di ME Nyayur Farm Jalan Reformasi 4 Kelurahan Pasar II Kecamatan Muara Enim, Rabu (26/10/2022). Sebagai pembelajaran puncak tema dengan kegiatan praktek pertanian.

Saat para siswa tiba di sana, nampak sekali antusiasme anak-anak usia dini itu melihat, mengamati, serta melakukan praktek panen sayur, dan penyemaian bibit slada, dan pak coy dengan sistem hidroponik tanpa bahan kimia.

ME Nyayur Farm ini salah satu pensuplai sayuran sehat di Kota Muara Enim dan sekitarnya, dengan rata-rata panen 10 kilogram per minggunya.

Resna SPdi, Kepela Paud Kamboja Muara Enim mengungkapkan, para siswa senang diajak berkeliling melihat pertanian hidroponik ini sambil anak-anak mendengarkan penjelasan dari guru, dan pemilik kebun ME Nyayur Farm langsung.

“Siswa juga di perlihatkan hasil dari tanaman hidroponik, mulai dari akar, batang, dan daun. Serta manfaat dari sayuran-sayuran hidroponik, karena lebih sehat tanpa ada bahan kimia,” kata Resna.

Menurut Resna, Kegiatan seperti ini memang masuk dalam media pembelajaran bagaimana bercocok tanam hidroponik. Pengenalan dilakukan yakni mulai dari penanaman biji, pemindahan media tanam sayur hingga perawatan sayur hidroponik.

“Anak-anak diajari pemindahan benih sayuran dari rockwoll ke spon, memanen serta meminum Teh daun Mint,” imbuh dia.

Media pembelajaran, lanjutnya, tidak harus di lakukan di dalam ruangan kelas dengan cara mendengarkan penjelasan guru. Namun bisa dilakukan dengan cara kunjungan ke beberapa tempat. Seperti lahan hidroponik, tempat pembuatan kain batik, dan tempat-tempat wisata edukasi yang ada di Muara Enim.

“ Kalau praktek seperti ini, tentunya anak-anak lebih senang,”urainya.(res)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *