Gedung MPP Pemkab Muara Enim Nyaris Terbakar

Enimpost.com,MUARA ENIM – Insiden kecil baru saja dialami Gedung Mall Pelayanan Publik (MPP) Pemkab Muara Enim. Minggu (2/1/2024) telah terjadi konseleting listrik dari Box meteran PLN yang berada di belakang gedung tersebut. Namun insiden kebakaran dapat dicegah setelah diketahui oleh pegawai setempat yang langsung menghubungi pihak PLN Muara Enim untuk memperbaiki kerusakan material listrik yang ada di gedung MPP itu.

Dari kejadian itu, Kepala Dinas Penaman Modal-PTSP, Sofyan Aripanca meminta bantuan kepada pihak PLN untuk segera menaikkan daya listrik dari yang ada sekarang ini. Sebab, kebutuhan listrik di Gedung MPP dan Kantor Dinas PMPTSP sangat besar guna memenuhi pelayanan masyarakat.

“Alhamdulillah, pada insiden tersebut, kita tidak mengalami kerugian signifikan dan hanya mengalami kerugian pada kerusakan pada Box Meteran listrik saja. Karena, hal itu tak luput berkat dari ada nya kesigapan petugas kita yang langsung melaporkan kepada pihak PLN, sehingga dalam insiden tersebut segera di antisiapsi dan tidak mengalami terjadi ada nya kebakaran ,” kata Kepala Dinas Penaman Modal-PTSP Muara Enim H Shofyan Aripanca, Selasa (9/1/2024).

Menurut Shofyan Aripanca, akibat dari insiden meledak nya pada Box Meteran Listrik dan hampir yang nyaris membakar kantor Dinas Penaman Modal-PTSP tersebut, kini pihak nya masih sangat khawatir dan was-was atas atas kejadian itu, karena di khawatir dapat terulang kembali, mengingat pada tegangan listik di Kantor Dinas Penaman Modal-PTSP Muara Enim dinilai masih kurang memadai akibat rendah nya daya tegangan Listrik.

“Sebenarnya, kita sudah berupaya mengajukan penambahan tegangan daya kepada pihak PLN dari bulan Febuari 2023 tahun kemarin, agar dapat ditambah dan dinaikan menjadi 197 ribu Volt KPA. Namun, hingga saat ini pihak PLN belum juga melakukan nya, dan mengatakan harus menunggu 100 hari pasca pembayaran telah di lakukan ,” keluh nya.

Shofyan Aripanca menegaskan, atas insiden yang terjadi di kantor nya Minggu kemarin, ia mendesak kepada pihak jajaran Manejeman PLN agar dapat segera melakukan atas permohonan penambahan daya di kantor nya tersebut, mengingat hal itu dapat menajadi bahan pertimbangan bagi jajaran Manajemen PLN, karena kantor Dinas Penaman Modal-PTSP Muaraenim merupakan salah satu pusat layanan publik untuk masyarakat.

“Kantor Mall Pelayan Publik kita ini, merupakan fasilitas pertama dan satu-satu nya di daerah yang ada di Provinsi Sumsel ini, apa bila fasilitas nya tidak memadai akibat kurang nya daya listrik seperti ini, apa lagi Minggu kemarin (red) nyaris terjadi kebakaran di kantor ini, otomatis hal itu dapat mempegaruhi dan mengganggu setiap kinerja pada pelayanan yang ada di sini ,” tegasnya.

Dari itu, lanjutnya, Shofyan, Ia mendesak meminta kepada pihak jajaran PLN untuk dapat segera melakukan dan mempercepat dalam upaya permohonan penambahan tegangan daya listrik di kantor Dinas Penaman Modal-PTSP. ” Sehingga kinerja terhadap layanan publik kepada masyarakat, di kantor Penaman Modal-PTSP dapat optimal di lakukan tidak khawatir was-was terganggu akibat kurang daya nya tegangan listik ,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala ULP PLN Muara Enim Irfan Maulana saat di konfirmasi melalui sambungan telpon Whatshapp media ini mengatakan, atas insiden yang terjadi di kantor Dinas Penaman Modal-PTSP Muara Enim, pihak nya telah menerima terhadap ada nya laporan tersebut.

Kemudian, pada saat itu, lanjutnya, jajaran nya melalui petugas lapangan nya telah melakukan mengambil langkah-langkah tindakan upaya mengantisipasi agar tidak terjadi konsleting secara meluas pada aliran listrik.

“Kalau untuk penambahan Daya tegangan listrik untuk di kantor Dinas Penaman Modal-PTSP kita baru menerima laporan itu sebelum 100 hari pasca pembayaran yang lakukan ya, namun sesuai SOP kita dari PLN, hal itu dapat kita lakukan 100 hari pasca pembayaran yang telah di laksanakan , ” urai nya.

Kendati demikian, Irfan Maulana menerangkan, diri nya juga berupaya akan berkoordinasi mengkonsultasikan hal demikian tersebut kepada jajaran pimpinan nya, secepat nya dapat di lakukan dalam upayah permohonan penambahan daya di kantor Penaman Modal-PTSP Muara Enim.

“Hal ini akan kami laporkan terlebih dahulu kepada pimpinan kami, ya mudah-mudahan dalam upaya penambahan daya ini di Kantor Dinas Perizinan dapat segera kami lakukan,”tukasnya.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *