KADIN Dorong UMKM Daerah Berorientasi Ekspor

Enimpost.com,MUARA ENIM – Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Muara Enim mendorong pemerintah daerah agar memajukan produk UMKM lokal agar dapat berorientasi pada ekspor. KADIN Muara Enim juga mengapresiasi Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Muara Enim karena sukses menggelar Gebyar UMKM Enim Pro Tourism Fest 2022 di Halaman GOR Pancasila Muara Enim akhir pekan kemarin.

“Dari kegiatan gebyar UMKM tersebut terungkap bahwa ada ratusan produk UMKM lokal Muara Enim, mulai dari kerajinan, batik, fashion, pertanian, kulineran, dan lainnya. Dari situ Pemda Muara Enim harus lebih giat lagi membantu UMKM agar bisa berorientasi ekspor,” ungkap Iwan Kurniawan SH MH, Ketua KADIN Muara Enim di bincangi Senin, (21/11/2022).

Dia pun mengungkapkan, salah satu produk unggulan di pameran tersebut yakni Pupuk Kompos produksi kelompok tani Green Urban Tani Muara Enim. Menurut Iwan, apa yang sudah d lakukan oleh kelompok tani tersebut sangat membantu pemerintah daerah dalam upaya mengurangi volume sampah daerah. Karena sisa makanan dan sayuran dari Pasar Impres dimanfaatkan untuk di buat pupuk kompos, atau pupuk organik.

“Apa yang sudah di lakukan kelpok tani itu sangat mulia. Tanpa di pinta, mereka mau bergerak mengolah sampah sayuran dan buah untuk di buat menjadi pupuk kompos,” ungkap Iwan.

Di menambahkan, Yang harus di support bagaimana cara dari sampah ini memjadi nilai ekomonis dalam mengembangkan wirausaha menjadi pelaku ukm pengelola limbah rumah tangga dan pasar.

“Ini bagian aksi kecil di masyarakat yqng menjadi bagian dari program pemerintah dalam upaya menjaga lingkungan. Adipura itu bukan hanya bersih-bersih saja, akan tetapi perlu kajian dan maafaat kemasyarakat agar sampah mempunyai nilai ekonomis;  salah satu agenda perhelatan G20 di bali fokus terhadapan lingkungan dan climate change,” urainya.(ep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *