Menjaga Kebersihan, Sudah Menjadi Budaya Siswa SMP Negeri 2 Lawang Kidul

Enimpost.com, TANJUNG ENIM – Setiap hari tanpa sampah menjadi budaya di lingkungan SMP Negeri 2 Lawang Kidul. Para siswa di sekolah itu membuang sampah pada tempatnya, hal itu sudah menjadi budaya di sekolah yang berlokasi di Desa Tegalrejo Kecamatan Lawang Kidul selama ini. Bahkan, sekolah itu memiliki tempat untuk memilah sampah, dan serta sampah dijadikan bernilai tambah secara ekonomi.

Par siswa juga aktif dalam berbagai kegiatan aksi kebersihan di lingkungan sekitar sekolah. Salah satunya, mengikuti aksi bersih sampah di sekitar pusat kota Tanjung Enim bersama unsur pemerintah, pecinta lingkungan, dan perusahaan. Dalam rangka memperingati Hari Bersih Indonesia (HBI) yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, Minggu (19/2) lalu.

Kegiatan tersebut di gagas Yonif 141AYJP/Karangraja, bersama penggiat Lingkungan Hidup Opa Yuri, Ia berasal dari Amerika Latin.

SMP Negeri 2 Lawang Kidul melibatkan sekitar 150 siswa , dan pengurus OSIS. Mereka bersama peserta lainnya mengumpulkan sampah di pinggir jalan yang di lalui dari SIBA Center hingga Museum batubara Tanjung Enim.

Menurut Kepala SMP Negeri 2 Lawang Kidul, Heri Candra SPd MSi menjelaskan, bahwa aksi sosial ini sudah ke sekian kalinya di lakukan par siswa. Sebelumnya, aksi bersih-bersih masjid dan mushola sekitar sekolah, dan rutin setiap hari Jumat mengadakan Jumat berkas, sekaligus Jumat bersih.

“Siswa SMP Negeri 2 Lawang Kidul mengadakan kegiatan bersih di 3 tempat ibadah masjid dan mushola, serta membersihkan sampah dijalan kiemas desa Tegalrejo, kegiatan ini dilakukan sebagai pembiasaan siswa untuk peduli terhadap sampah, dan sekaligus ikut memperingati hari peduli sampah tahun 2023,” ungkap Heri, didampingi Pembina OSIS, Miftahul Ilmu SPd.

Sementara itu, Suparman, selaku pengurus Mushola Al Ikhsan RT 3B Desa Tegalrejo memberikan apresiasi kepada para siswa SMPN 2 Lawang Kidul yang sudah berkontribusi untuk mushola di sekitar tempat tinggalnya ini.

“Ucapan terimakasih kepada para siswa dan pihak sekolah yang sudah bekerja bakti membersihkan mushola Al ikhsan dengan harapan kegiatan ini dapat rutin dilakukan dan menjadi motivasi bagi masyarakat di sekitar sekolah,” kata Suparman.(ep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *