Pama Berangkatkan 30 Pemuda-Pemudi Muara Enim Mengikuti Pelatihan Siap Kerja di Bekasi

Enimpost.com, MUARA ENIM – Kepedulian kembali di tampakkan oleh PT Pamapersada Nusantara (Pama) Site BTSJ-MTBU Tanjung Enim Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan. Perusahaan batubara Kontraktor PT Bukit Asam Tbk itu memberangkatkan 30 pemuda – pemudi daerah untuk mengikuti pelatihan siap kerja di Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktifitas (BBPVP) Bekasi Jawa Barat.

Bertempat di Halaman Kantor Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Muara Enim, Minggu (14/5/2023) pagi pukul 10.00 WIB. Para peserta pelatihan itu diberangkatkan dengan menggunakan 1 unit Bus menuju tempat pelatihan. Selama kurang lebih 2 bulan mereka mendapatkan materi teori, dan praktek. Sebanyak 5 peserta akan memperdalam ilmu ketrampilan bidang Teknik Elektronika, sebanyak 25 peserta mengikuti bidang Teknologi Informasi, dan Komunikasi.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Muara Enim, Hj Siti Herawati SH melepas langsung di dampingi Kabid Pelatihan dan Produktivitas, Desie Asriyani SE, beserta jajaran, dan Manajemen PT Pamapersada Nusantara.

Menurut Siti Herawati, bahwa peserta yang berangkat ini merupakan tahap pertama. Kemudian ada sisa 11 lagi, pelatihan Bakery, Barista, dan Teknisi AC yang akan di berangkatkan selanjutnya. Dikatakan, kegiatan ini adalah program dari Pemerintah Pusat, dimana jajaran Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Muara Enim telah berhasil membawanya ke daerah.

“Rekrutmen dibuka secara online, dimana masyarakat dapat mengaksesnya untuk mengikuti selsksinya. Kami sangat bersyukur sekali, tahap pertama ini 30 pemuda-pemudi Kabupaten Muara Enim dapat di berangkatkan ke Bekasi berkat bantuan dari PT Pama. Sehingga saya berpesan kepada para peserta agar bisa membawa nama baik Kabupaten Muara Enim,” kata Siti Herawati.

Sedangkan, CSR Officer Pama Site BTSJ-BTBU, Wan Zul Eflaini didampingi Joko Budi Santoso menerangkan, kerjasama antara Pama dan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Muara Enim di bangun sejak tahun 2022 lalu. Dimana, kerjasama itu bertujuan untuk mengurangi pengangguran, dan pembinaan kepada para pemuda daerah untuk lebih terampil, dan siap kerja.

“Sebelumnya, Pama bekerjasama dengan Disnaker Muara Enim membantu memberangkatkan puluhan pemuda untuk mengikuti pelatihan berbasis kompetensi (PBK) training boarding ke Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Kemnaker RI, di Serang Banten. Tentunya Pama ingin ikut peran dalam mengurangi angka pengangguran daerah. Supaya para peserta yang sudah mengikuti pelatihan dapat langsung diserap dunia kerja,” kata Zul.

Sementara itu, Ades Harafi Duri (22), peserta asal Desa Ujan Mas Baru Kecamatan Ujan Mas sangat senang mendapatkan kesempatan ikut pelatihan yang di fasilitas Dinas Tenaga Kerja Muara Enim, dan PT Pamapersada Nusantara mengikuti pelatihan untuk siap kerja di BPVP Bekasi Jawa Barat.

“Saya mengambil jurusan Teknologi Informasi, dan Komunikasi. Harapan saya setelah mengikuti pelatihan ini bisa diterima kerja sebagai IT Enginering di Perusahaan Tambang,” ungkap Ades.(ep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *