Sekolah DiSemendo Ini Siapkan Diri Menuju Adiwiyata Tingkat Provinsi Sumsel

Enimpost.com,SEMENDO – Tak mau kalah dengan sekolah yang ada di kota, SD Negeri 1 Kecamatan Semendo Darat Laut (SDL) Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan Pada tahun 2024 nanti sekolah akan mengikuti penilaian program Adiwiyata tingkat Provinsi Sumatera Selatan.

Stelah tahun 2021 lalu, SD Negeri 1 SDL meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat Daerah yang diberikan Pemkab Muara Enim. Setelah mendapatkan pembinaan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muara Enim, dan Pembina Program Adiwiyata tingkat Daerah.

Beberapa hari lalu, koran enimekspres mengunjungi SDN 1 Kecamatan SDL untuk melihat persiapan, hingga evaluasi apa saja yang masih kurang untuk memenuhi standar penilaian Adiwiyata Provinsi Sumatera Selatan. Monitoring, dan evaluasi juga dilakukan oleh tim pembina Sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Muara Enim.

Kepala SD Negeri 1 SDL, Iriani SPd SD mengatakan, meskipun lahan yang dimiliki tidak luas. Akan tetapi semangat warga sekolah, serta mendapat dukungan lingkungan sekitar memberikan motivasi SDN 1 SDL ingin terus maju.

Kata Iriani, adapun kondisi sekolah saat ini sudah memiliki kebun obat-obatan, tempat pembibitan, pengomposan, memiliki UKS, perpustakaan yang memadai, serta menyediakan kantin sehat. Pihaknya juga akan terus melakukan budaya hidup bersih, sehat di lingkungan sekolah.

“Budaya yang sudah terbangun di sekolah ini yakni, siswa sudah terbiasa membuang sampah dengan benar. Anak-anak sudah bisa memilah sampah dengan baik dan benar. Kamudian, kegiatan pengomposan juga jalan sampai saat ini, khsusunya untuk merawat tanaman di sekolah,” terang dia.

Sementara itu, Ketua Pembina Adiwiyata Kabupaten Muara Enim, Yusnawati SPd menerangkan, ada tiga sekolah di wilayah Semendo menyatakan siap mengikuti penilaian Adiwiyata Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) tahun 2024. Ketiganya yakni SD Negeri 1 Semendo Darat Laut (SDL), SD Negeri 3 Semendo Darat Ulu (SDU), dan SD Negeri 4 Semendo Darat Ulu.

Sementara itu, Pembina Adiwiyata Kabupaten Muara Enim, Yusnawati SPd mengatakan, tim datang ke SD Negeri 1 SDL, SDN 3 SDU, dan SDN 4 SDU ini dalam rangka untuk pemantauan, dan evaluasi gerakan Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) yang ada di sekolah. Dalam rangka penilaian Adiwiyata tingkat Provinsi Sumatera Selatan pada tahun 2024.

“Tujuan kegiatan visitasi ini untuk verifikasi lapangan, dan aplikasi di tiga sekolah, SDN 1 SDL, SDN 3 SDU, dan SDN 4 SDU, Karena sekolah itu akan mendapat penilaian Adiwiyata tingkat Provinsi Sumsel tahun depan,” terang Yusnawati.

Ia menyampaikan kepada pihak sekolah, selain Tim Adiwiyata sekolah yang bekerja. Sekolah, bisa melibatkan paguyuban untuk mempercantik, dan memperindah sekolah. Sehingga, lanjutnya, tidak ada lagi lahan kosong, ataupun pekarangan nganggur. Dapat dimanfaatkan untuk perkebunan, taman sekolah, serta perundang sekolah.

“Selanjutnya, gerakan pungut sampah masing-masing siswa itu juga baik dibiasakan, kurangi sampah plastik, kantin sekolah menyediakan makanan sehat, dan lainnya,” terang dia.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *