Siswa SMPN 2 LAKI Uji Kemampuan Berbahasa Indonesia Gratis

Enimpost.com, MUARA ENIM- SMP Negeri 2 Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim mendapat bantuan dari Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan untuk melaksanakan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) secara gratis. Berlangsung selama tiga hari, mulai 19 hingga 21 Juni 2023, secara online dengan aplikasi yang di siapkan pihak Balai Bahasa Sumsel.

Tiga penguji yang dilibatkan, yakni Nursis Twilovita MPd (Ahli Muda) Al Mar’a Meidiana SS (analis kata dan istilah), dan Nindi Oktavia SS (penyuluh bahasa) dari Tim Balai Bahasa Sumsel. Sebanyak 503 siswa SMP Negeri 2 Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim terlibat ada kegiatan ini.

“Kami mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan untuk melaksanakan UKBI di SMP Negeri 2 Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim. Khususnya kepada Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumsel, Bapak Karyono SPd MHum, dan ketiga pengujinya, yang sudah dengan sabar membimbing anak-anak kami. Kegiatan berlangsung dengan sukses,” ungkap Heri Candra SPd MSi, selaku Kepala SMP Negeri 2 Lawang Kidul, Rabu (21/6/2023).

Diterangkan, Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) adalah sebuah sarana pengukur kemahiran berbahasa Indonesia yang dirancang oleh Pusat Bahasa yang sekarang bernama Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa). Uji ini kepada seseorang untuk mengukur kemahiran berbahasa seseorang dalam menggunakan bahasa Indonesia, baik penutur jati maupun penutur asing. UKBI meliputi lima seksi, yaitu Seksi I, Seksi II, Seksi III, Seksi IV, dan Seksi V.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2014 tentang Pengembangan, Pembinaan, dan Pelindungan Bahasa dan Sastra, serta Peningkatan Fungsi Bahasa Indonesia dan Permendikbud Nomor 70 Tahun 2016 tentang Standar Kemahiran Berbahasa Indonesia, UKBI dikembangkan oleh Badan pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

“Alhamdulillah pelaksanaan berjalan dengan lancar dengan menggunakan telpon pintar, dan bagi siswa yang tdk memiliki telpon pintar di fasilitas sekolah dengan menggunakan komputer yang terdapat di laboratorium komputer SMP negeri 2 Lawang Kidul,” ungkapnya lagi.(ep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *