SMA Bukit Asam Gelar Pesantren Kilat di Bulan Ramadhan

Enompost.com, TANJUNG ENIM – SMA Bukit Asam (Smaba) Tanjung Enim selamat Ramdhan ini kegiatan di sekolah diisi dengan Pesantren Kilat (Satlat) diikuti siswa kelas 10 dan siswa kelas 11. Sementara untuk siswa kelas 12, usai mengikuti ujian akhir sekolah para siswa masih menunggu pengumuman kelulusan, dan menyiapkan untuk perpisahan.

Rangkaian pesantren kilat SMA Bukit Asam itu di mulai dengan kegiatan pembinaan mental rohani selama 3 hari dengan mengundang penceramah dari luar sekolah. Kemudian, para siswa menggelar aksi sosial dengan mengumpulkan infak untuk sedekah yang di bagikan untuk fakir miskin di sekitar sekolah.

Siswa juga menggelar berbagai lomba, diantaranya lomba fashion Show, lomba muadzin, serta lomba kultum dengan peserta perwakilan dari masing-masing kelas.

Kepala SMA Bukit Asam, Tenny Dahyani SPd MPd, melalui Waka Kesiswaan Kusnan menerangkan, melalui kegiatan pesantren kilat ini membantuk siswa berkarakter taqwa, beriman, siswa mampu membentengi dari hal-hal yang dilarang secara agama, serta taat dengan aturan berlaku.

“Selama ramadhan ini, siswa tetap belajar di kelas, masing-masing mata pelajaran dikurangi 10 menit, siswa pulang sekolah jam 2 siang. Ramadhan juga diisi dengan kegiatan pesantren kilat, antara lain ceramah agama, lomba fashion Show, lomba kultum, dan lomba muadzin. Harapannya, supaya para siswa siap diterjunkan ke masyarakat menjadi petugas muadzin, dan kultum di masjid sekitar rumah mereka,” harap Kusnan.

Ia menambahkan, untuk kegiatan infak ini akan di salurkan untuk di lingkungan sekolah, dan warga sekitar dari keluarga tidak mampu, (miskin,red). Infak akan di bagikan sebelum para siswa memasuki libur pajang lebaran Idul Fitri.

“Jadi melalui kegiatan pesantren kilat ini diharapkan supaya anak-anak memiliki pengalaman tentang masalah keagamaan. Pasalnya, sekarang ini anak muda ini masih sangat berkurang untuk belajar kultum, muadzin. Sehingga di bulan ramadhan ini adalah momen tepat. Jika berbakat, anak-anak kita libatkan mengikuti lomba di luar sekolah,seperti yang diikuti siswa lomba kultum kemarin yang di gelar PTBA,” pungkasnya.(ep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *