Turun Ke Dapil, Anggota DPR RI Ir Sri Meliyana Dinanti Masyarakat Lubai Muara Enim

Enimpost.com,MUARA ENIM – Turun ke Daerah Pemilihan (Dapil), anggota Komisi IX DPR RI, Ir Sri Meliyana, bersama mitra kerja BKKBN Provinsi Sumatera Selatan menggelar pertemuan dengan masyarakat di Kecamatan Lubai Kabupaten Muara Enim, Senin (24/7/2023).

Dalam kesempatan itu, politisi Partai Gerindra tersebut tidak hanya menyerap aspirasi masyarakat, melainkan juga melaksanakan kegiatan Promosi Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) dalam rangka program percepatan zero Stunting.

Acara yang berlangsung menempati Aula Kantor Camat Lubai itu dihadiri dihadiri ratusan peserta, perwakilan dari Desa, Tripika, Karang Taruna, BPD, PKK, Kader Posyandu se-Kecamatan Lubai. Sebelumnya juga digelar kegiatan sama di Kecamatan Gelumbang, dan Kecamatan Rambang Kabupaten Muara Enim. Ia juga melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan BLK Komunitas, serta berkunjung ke salah satu Pondok Pesantren.

Ir Sri Meliyana mengatakan, pertemuan ini merupakan agenda kerjanya mengunjungi masyarakat di daerah pemilhan guna menyampaikan promosi dan edukasi tentang percepatan penurunan angka stunting, khususnya di wilayah Kecamatan Lubai Kabupaten Muara Enim.

Dijelaskan, salah satu upaya untuk mencegah stunting yakni dimulai dari perencanaan kehamilan, lanjut dia, yang paling penting itu pada seribu hari dalam kehidupan. Maksudnya disini adalah seribu hari itu mulai ibu hamil hari pertama sampai anak itu berumur 2 tahun, itu asal mula kualitas manusia. Stunting itu kondisi di mana anak sampai umur 2 tahun tidak besar perkembangannya kurang bagus atau tidak bagus.

“Artinya disini saya memberikan pemahaman bahwa bagaimana mengatur pola hidup sehat bagi pasangan agar anak yang lahir nanti bisa tumbuh sehat sejak dalam kandungan,” kata Sri Meliyana.

Narasumber berikutnya, Medi Haryanto SH MH dari BKKBN Sumsel menjelaskan mengenai program Indonesia di tahun 2045 akan menwujudkan generasi emas. Yakni mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, berkualitas, maju, serta sehat. Kata dia, ciri-ciri SDM yang berkualitas itu pasti pada kondisi manusia yang sehat.

Tidak hanya sehat secara fisik, namun ciri-ciri SDM yang berkualitas berikutnya yaitu Inovatif, Kreatif, serta Produktif. Nah, inilah yang ingin di wujudkan oleh Presiden RI Joko Widodo kepada masyarakatnya. Namun akan tetapi, hal itu menjadi mustahil bisa terwujud jika angka kasus kematian ibu dan anak di negara ini masih tinggi.

Sementara itu, Desvin Yuspita, salah satu peserta dari Desa Pagar Dewa yang sangat mengharapkan kegiatan positif seperti ini dapat terus digelar untuk memajukan masyarakat di wilayah Kecamatan Lubai Kabupaten Muara Enim. Menurutnya, masyarakat senang dengan kehadiran dari anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra tersebut.

“Kami sangat mengharapkan kedatangan Ibu Mely, tidak hanya sekali ini saja. Karena dia sudah terbukti banyak membantu masyarakat di Kabupaten Muara Enim, khsusunya di Kecamatan Lubai,” kata Desvin.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *