Genjot Penerimaan Pajak, Samsat Muara Enim Melayani Pemutihan Pajak

Enimpost.com,MUARA ENIM – Kantor UPTB Pengelolaan Pendapatan Daerah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Wilayah Muara Enim 1 melaksanakan program pemutihan pajak bagi kendaraan bermotor hingga Desember 2023. Kepala Seksi Penetapan Pembukuan Dan Pelaporan, Efri Yunada, menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kembali melaksanakan program pemutihan pajak kendaraan bermotor ini sejak 1 April 2023 hingga berakhir pada 31 Desember 2023.

“Kami mengajak masyarakat Kabupaten Muara Enim bisa memanfaatkan pemutihan pajak bermotor ini. Silahkan bagi masyarakat untuk datang ke kantor Pelayanan Samsat Muara Enim, sebelum tutup buku pada 23 Desember 2023, ini hari pelayanan terakhir kami, karena ada cuti bersama setelah itu,” terang Efri dijumpai Kamis (9/11/2023).

Efri menjelaskan, yang di maksud pemutihan pajak ini adalah menghilangkan denda. Kata dia, misal pajak kendaraan mati satu tahun lebih, maka yang dihapuskan ialah dendanya. Wajib pajak hanya bayar satu tahun dan satu tahun pokok pajak berjalan.

“Yang dihapus itu denda, dan bunganya. Setiap tahun ada program pemutihan pajak ini agar bisa mendorong kesadaran masyarakat untuk membayar pajak kendaraan bermotornya,” terang Efri lagi.

Ditambahkan Efri lagi, berbagai upaya dilakukan Kantor Samsat Muara Enim untuk mensukseskan program pemutihan pajak bermotor. Mulai dari sosialisasi kepada masyarakat, hingga bekerjasama dengan Kepolisian Polres Muara Enim dalam penertiban wajib pajak di jalan, melalui operasi atau razia kendaraan yang dilaksanakan sampai sekarang ini.

“Upaya itu sangat efektif, sehingga penerimaan pajak pun meningkat di bulan ini,” jelasnya.

Sementara itu, Efri menjelaskan bahwa target penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tahun 2023 ini sebesar 61 Milyar lebih, untuk target penerimaan pajak BBNKB lebih dari 70 Milyar. Adapun realisasi hingga bulan Oktober 2023 sebesar 54 Milyar lebih atau 89 persen untuk PKB, dan realisasi BBNKB 78 Milyar atau 89 persen.

“Dengan upaya yang kita lakukan selama ini, kami optimis capaian pajak kendaraan bermotor bisa lebihi target sampai akhir tahun ini,” pungkas Efri.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *