Gerakan Sekolah Menyenangkan, Inovasi Baru SMK Negeri 1 Tanjung Agung

Enimpost.com, MUARA ENIM – Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) merupakan program inovatif dari SMK Negeri 1 Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan. GSM itu merupakan sebuah program inovatif pembelajaran yang bertujuan melakukan transformasi pola pendidikan formal menjadi lebih kolaboratif, inklusif, dan menarik guna mendorong kemampuan diri siswa.

Nah, untuk mewujudkan program ini, pihak sekolah mengawali dengan memberikan sosialisasi mengenai program GSM ini di lingkungan SMK Negeri 1 Tanjung Agung, Sabtu (14/10/2023). Adapun materinya di sampaikan oleh praktisi berkompeten, yakni oleh Junaidi MPd, dengan diikuti oleh peserta yakni para siswa, dan guru.

“GSM merumuskan konsep sekolah masa depan yakni sekolah menyenangkan yang memberi ruang tumbuhnya keunikan potensi setiap anak. Gerakan ini dapat terlaksana dengan maksimal apabila terjalin kerja sama yang kuat antara guru, peserta didik, serta orang tua. Melalui tiga komponen tersebut, GSM diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk membangun lingkungan pembelajaran yang menyenangkan dan efektif,” Junaidi MPd, dalam paparannya.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 1 Tanjung Agung, Bambang Gusviantara SPd MM, selaku inisiator program Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) ini mengharapkan dukungan dari siswa, dan guru, serta tenaga pendidik untuk bersama-sama mewujudkan sekolah ramah anak.

“Sebagai langkah awal dalam pelaksanaan Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM), SMK Negeri 1 Tanjung Agung melaksanakan kegiatan seminar ini. Peserta kegiatan seminar ini melibatkan semua tenaga pendidik dan kependidikan di lingkungan SMK Negeri 1 Tanjung Agung,” ungkap Bambang.

Dikatakan Bambang, adapun tujuan seminar ini adalah untuk menyamakan persepsi semua warga sekolah mengenai pelaksanaan Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM). Selanjutnya, kegiatan ini pula dalam rangka meningkatkan kualitas peserta didik yang mampu berkembang sesuai dengan potensinya, kualitas lulusan, dan kualitas pendidikan pada umumnya.

Imbuh Bambang, kegiatan seminar ini diharapkan dapat membuka pola pikir pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan SMK Negeri 1 Tanjung Agung. Sehingga diharapkan dapat mengubah dan memperbaiki cara mengajar, mendidik, dan memperlakukan peserta didik dengan cara yang lebih kreatif, inovatif, dan menyenangkan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada narasumber yang hadir dan berbagi ilmu tentang GSM ini. Semoga warga SMK Negeri 1 Tanjung Agung dapat menerapkannya sehingga peserta didik dan orang tua juga dapat meningkatkan kualitas dalam mendukung dunia pendidikan,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *