PT PAMA MTBU-BTSJ Berikan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar Bagi Pegawai Puskesmas Tanjung Enim

Enimpost.com,MUARA ENIM – PT Pamapersada Nusantara (Pama) Site MTBU-BTSJ memberikan pelatihan tata cara memberikan Bantuan Hidup Dasar (BHD) bagi pegawai Puskesmas sebagai tanggung jawab sosial Pama selaku kontraktor PT Bukit Asam Tbk Muara Enim Sumatera Selatan, Sabtu (14/10/2023). Kegiatan ini diikuti sebanyak 28 peserta yang merupakan petugas kesehatan yang ditempatkan di Desa dan Kelurahan dalam wilayah Kecamatan Lawang Kidul.

Bantuan Hidup Dasar (BHD) adalah pertolongan pertama yang dilakukan pada pasien maupun korban henti jantung atau henti nafas. Resusitasi jantung paru merupakan bagian dari Tindakan bantuan hidup dasar. Tindakan ini dilakukan untuk menjaga jalan nafas terbuka, menunjang pernafasan dan sirkulasi tanpa menggunakan alat – alat bantu.

Usaha ini harus dimulai dengan mengenali secara tepat keadaan tanda henti jantung atau henti nafas dan segera menberikan bantuan sirkulasi dan ventilasi. Selain itu Resusitasi juga dikataian sebagai sebuah upaya menyediakan oksigen ke otak, jantung dan organ-organ vital lainnya.

Adapun tujuan kegiatan ini dilakukan adalah untuk meningkatkan keterampilan pegawai Puskesmas Tanjung Enim, baik Medis maupun Non medis dalam menangani kasus – kasus dengan Kegawat Daruratan, khususnya dalam memberikan Bantuan Hidup Dasar disaat bantuan Medis belum ada.

“Saya atas nama Jajaran Puskesmas Tanjung Enim mengucapkan terima kasih kepada CSR PT PAMA MTBU-BTSJ yang telah membantu memberikan materi BHD bagi tenaga kesehatan disini, Dengan mendatangkan tim ERT Pama serta peralatan yang digunakan untuk pelatihan. Harapan saya sesudah pelatihan ketrampilan petugas kesehatan dilapangan meningkat, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan,” terang Plt Kepala Puskesmas Tanjung Enim dr Zalmah.

Sementara itu, CSR Officer PT PAMA Joko Budi Santoso, didampingi Wan Zul Eflaini menjelaskan, pelatihan BHD ini sebagai wujud sinergisitas Pama dengan stekholder yang ada di sekitar operasional perusahaan. Dikatakan Joko, kerjasama program kesehatan masyarakat dengan Puskesmas Tanjung Enim ini sudah terjalin sejak lama, melalui berbagai program, khsusunya untuk menunjang program kesehatan di Posyandu.

“Sebelumnya, bersama puskesmas Tanjung Enim, kami juga menggelar jambore Kader Posyandu, dengan tujuan untuk memberikan apresiasi serta memotivasi para kader posyandu untuk terus bekerja iklas melayani kesehatan masyarakat di tingkat pertama,” kata Joko.

Joko menambahkan, untuk memberikan materi dan praktek BHD ini disampaikan oleh oleh Tim ERT PAMA MTBU. Diantaranya, Adhe pranata, M. Ridoni, Tri sutrisno, dan Febriyanto.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *