Hari Anak Sedunia, Tekankan Anak Sebagai Harapan Pembangunan Masa Depan

Enimpost.com,TANJUNG ENIM – Kelurahan Tanjung Enim Selatan (TES) Kecamatan Lawang Kidul memperingati Hari Anak Sedunia dengan berbagai kegiatan. Acara yang berlangsung di Aula Kantor Lurah pada Minggu (18/12/2022) itu bekerjasama dengan Bunda Literasi, TP PKK, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan IGTKI setempat.

Kegiatan tersebut mendapat perhatian dari berbagai pihak yang hadir mensukseskan acara itu. Diantaranya, Kepala Disdukcapil Muara Enim Drs Risman Effendi MSi, Lurah Tanjung Enim Selatan H Edi Sutisna SP MSi. Kemudian dukungan acara dari PT Bukit Asam Tbk, PT Pama, PT BAS, Ketua IGTKI sekaligus anggota DPRD Kabupaten Muara Enim Hj Titit Susanti, Dedi Aryanto Staf Ahli DPR RI, Riski, Abadi dari Toko Sumber Bangunan, Syamil Sablon, FC KDL, Toko Souvenir Tari.

Anggota DPRD Dapil IV Kabupaten Muara Enim, Hj Titit Susanti menerangkan, peringatan Hari Anak Sedunia ini menekankan anak sebagai harapan pembangunan daerah masa depan.

“Harapan kami semoga kelak anak anak indonesia dapat menjadi generasi emas yang berkarakter, bermartabat dan berakhlak mulia dan memegang peranan strategis ketika 100 tahun Usia Indonesia Merdeka di tahun 2045 nanti aamiin ya robbal alamiin Selamat Hari Anak Sedunia untuk seluruh Anak “Inclusion, for every child”. Love you All,” ucap Umi Susan sapaan akrabnya kepada media ini,Senin (19/12/2022).

Dalam kegiatan ini melakukan penerbitan Kartu Identitas Anak sebanyak 215 KIA. Kemudian PKK Tanjung Enim Selatan memeriahkan dengan acara Bazaar UP2K, kuliner , produk unggulan hasil olahan bunga telang dan kerajinan tangan. Lalu festival Literasi, Lomba mewarnai tas utk tingkat TK TPA PAUD sebanyak 113 peserta, Lomba Merakit dan mewarnai kincir angin sebanyak 155 peserta.

Selanjutnya, Lomba menulis aksara ulu Muara Enim sebanyak 35 peserta, Penampilan tari bekendit 10 anak, Pentas seni anak sebanyak 70 peserta. Lomba yang digelar tingkat PAUD/TPA SD dan tingkat SMP dalam Kelurahan Tanjung Enim Selatan dengan jumlah seluruh peserta PAUD/TPA, siswa/siswi SD dan SMP dengan total 518 peserta.

Sementara itu, Ketua TP PKK TES, Wiwin Widayati Sutisna menerangkan, bahwa melalui kegiatan ini merupakan wujud implementasi 10 program pokok dari PKK, antara lain pembinaan keluarga pada pengamalan Pancasila, pembinaan Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) di era digital, Pembinaan Keluarga sadar administrasi kependudukan, Program gotong royong dilaksanakan dengan menumbuhkan sikap kesetiakawanan sosial.

Selanjutnya, pemberdayaan perempuan dan lanjut usia, Program pangan dengan menggerakan Keluarga dalam pemenuhan kebutuhan pangan halaman asri teratur indah dan nyaman dengan penanaman bunga telang sebagai ikon tanjung enim selatan dengan pengolahan hasil panen berupa bunga telang kering dengan produk wedang uwuh telang dan pewarna alami makanan. Serta Program UP2K dengan menjual produk kerajinan tangan dan kuliner.(ep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *