PAMA Tingkatkan Kompetensi Guru SMK Kabupaten Muara Enim

Enimpost.com, MUARA ENIM – PT Pamapersada Nusantara (PAMA) site BTSJ-MTBU kontraktor dari PT Bukit Asam Tbk., kembali memberikan kontribusi untuk dunia pendidikan di Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) bidang pendidikan dengan memberikan pelatihan coaching and mentoring demi meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) guru SMK. PT PAMA menjadi narasumber atau pemateri tunggal dalam pertemuan itu. Bertempat di SMK Negeri 2 Muara Enim, Selasa (5/9/2023).

Kegiatan ini dihadiri Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Muara Enim, Likuan Yu, Kepala SMKN 2 Muara Enim Jhon Areli, kemudian dari Pama hadir Fikri Alif Ramadhan selaku HCGS Section Head BTSJ, Nasti Maulida selaku Human Capital (HC) Development Officer MTBU, Harris Ramadhan selaku HC Development Officer BTSJ, Joko Budi Santoso selaku CSR Officer MTBU, dan Wan Zul Eflaini selaku CSR Officer BTSJ.

Kepala SMK Negeri 2 Muara Enim, Jhon Areli menerangkan, pihaknya yang memfasilitasi kegiatan pelatihan Coaching and Mentoring pelatihan guru SMK bekerjasama MKKS Kabupaten Muara Enim. Kata Jhon, ini merupakan program dari CSR Pama yang diikuti tiga puluh guru dari berbagai SMK di Muara Enim.

“Setelah mengikuti pelatihan ini, mudah-mudahan para peserta bisa mengatasi kendala-kendala yang dia hadapi selama mengajar. Bisa memberikan solusi, memecahkan masalah yang tengah di hadapi para siswa,” ungkap Jhon.

Menurut Jhon, SMK Negeri 2 Muara Enim sudah menjalin kerjasama dengan PT PAMA sejak lama. Dimulai dari peningkatan SDM melalui program Bursa Kerja Khusus (BKK). Sehingga dengan program tersebut mampu menghasilkan alumni yang berkompeten dan siswa menjadi siap kerja.

“Dari program BKK itu, banyak alumni SMK Negeri 2 yang diterima kerja di PAMA, dan perusahaan tambang lainnya. Kedepan, program BKK ini bisa diperluas lagi dengan bekerjasama dengan perusahaan lainnya,” harap Jhon.

Sementara itu, Nasti Maulida selaku HC Development Officer PAMA MTBU menjelaskan, kegiatan Coaching pelatihan guru SMK ini merupakan program CSR PAMA BTSJ-MTBU sebagai wujud kepedulian perusahaan untuk dunia pendidikan di sekitar operasional perusahaan.

Selanjutnya Fikri Alif Ramadhan selaku HCGS Section Head PAMA BTSJ berharap bahwa peserta yang mengikuti pelatihan Coaching and Mentoring ini bisa memaksimalkan fungsi guru dalam menggali potensi siswa. Bisa menjadi tolak ukur guru dalam mengajar, evaluasi, dan jenjang karir bagi dirinya dan siswa.

Pada waktu yang bersamaan dilaksanakan juga pelatihan peningkatan kompetensi siswa yakni training jenjang karir memasuki dunia kerja dan perguruan tinggi oleh PAMA yang diikuti oleh 204 siswa kelas XII SMKN 2 Muara Enim.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *