Relawan Peduli lingkungan di Muara Enim Gelar Aksi Bersih Sungai Enim Dari Sampah

Enimpost.com,MUARA ENIM – Puluhan relawan peduli lingkungan dari berbagai elemen masyarakat menggelar aksi bersih-bersih sampah di Sungai Enim Kecamatan Muara Enim, Sabtu (23/9/2023) pagi. Dengan nama kegiatan World Cleanup Day Muara Enim (Merinem Bepenyap). Kegiatan yang dipusatkan di bawah Jembatan Enim I juga serentak di lakukan ditempat lain seluruh Indonesia.

Dengan tema Kegiatan: #Kami13Juta Relawan Bebersih dan Bijak Kelola Sampah untuk Indonesia Bersih. Adapun tujuannya untuk mengurangi volume sampah di Muara Enim, mengajak seluruh masyarakat peduli terhadap lingkungan, serta memberikan edukasi dan penyadaran agar bijak mengelola sampah.

Kegiatan ini juga merupakan rangkaian dalam rangka memperingari Hari Bersih-bersih sedunia atau World Cleanup Day yang jatuh pada tanggal 16 September 2023.

Menurut Koordinator aksi, Derry Pangestu Ramadhan menerangkan, bahwa kegiata aksi ini diikuti 12 organisasi, yakni Core Team WCD Muara Enim, Relawan Muda Muara Enim, Pepelingasih Muara Enim, Yayasan Green Invite Sembilan, Yayasan Jaga Buana Amertha, KPA Paku Buana, Pepala SMAN 2 Muara Enim, Pondok Seni Budaya Anananguai, Himpunan Mahasiswa Muara Enim Serasan Sekundang, Black Owl Muara Enim, Forum Literasi Serasan Sekundang, dan Enim Lematang Grup.

“Dengan jumlah Personil: 30 Orang, dengan titik Kumpul di Masjid Agung Kampung Kemayoran Bewarne pukul 08.00 – 11.00, lokasi: Bantaran Sungai Enim di Kampung Kemayoran (Kolong Jembatan Enim 1). Kegiatan ini sudah menjadi kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan di setiap minggu kedua bulan september di 191 negara di dunia. Harapan saya, semoga kegiatan ini tetap berjalan setiap tahunnya dan organisasi yang tergabung terap solid dalam menjaga lingkungan,” terang dia.

Sementara itu, Surya Septemi. S.Sos didampingi Mang Boy dan pengurus Pondok Seni Budaya ANANANGUAI Kampung Kemayoran lainnya bersama Ketua RT 04 RW 02 Kampung Kemayoran Edi Irawan, mengucapkan terima kasih kepada seluruh komunitas dan para pegiat yang tergabung dalam kegiatan bersih2 ini.

“Kami sangat mendukung sekali apa yang telah dilakukan bersama dalam peduli lingkungan pada hari ini, terutama di bantaran sungai Enim ini. Harapan nya setelah dilakukan pembersihan ini, kiranya tidak ada lagi warga yang membuang sampah dialiran sungai ini,” kata dia.

Senada juga disampaikan oleh Apriansyah dan Hasdy Sopyan selaku Pembina PSBA, kegiatan ini sangat positif dan bermanfaat sekali, dimana selain bentuk kepedulian lingkungan, kegiatan ini juga menjadikan diri kita sadar akan kebersihan lingkungan sungai dan sekitarnya tempat tinggal masing-masing.

“Semoga kegiatan2 seperti ini terus dilakukan, insyaallah rencana kedepannya kami juga bersama para rekan2 komunitas dan pegiat muara Enim akan melaksanakan kegiatan PUISI BANTAR SUNGAI MUAHE AYEK HENING, semoga kegiatan seperti ini menjadi perhatian para stakeholder dan pemangku kepentingan yang ada di Muara Enim untuk sama-sama bersinergi dan berkolaborasi. Jumlah sampah plastik yang tekumpul: 20 kantong sampah plastik,” urainya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *