SDN 20 Muara Enim Komitmen Dukung Transisi Paud-SD

Enimpost.com, MUARA ENIM – SD Negeri 20 Kecamatan Muara Enim mendukung program Transisi Paud-SD yang sudah diterapkan sejak penerimaan siswa baru tahun ajaran 2023-2024. Dimana pada penerimaan peserta didik baru pada SD tidak menerapkan tes kemampuan membaca, menulis dan berhitung atau bentuk tes lainnya.

Sosialisasi mengenai program Transisi Paud SD ini dilaksanakan di SD Negeri 20 pada Senin (10/7) yang di hadiri Bunda PAUD Kabupaten Muara Enim, Nurul Vita Utami Kaffah, Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Muara Enim, Rusdi Hairullah.

Rusdi mengatakan, dalam mendukung transisi PAUD SD kelas awal, pihaknya telah menindaklanjuti Surat Edaran Direktur Jenderal PAUD Dikdasmen Kemendikbudristek dengan mengeluarkan Surat Edaran tentang Penguatan Transisi PAUD ke Sekolah Dasar Kelas Awal.

“Bahwa dari transisi PAUD SD yang tertuang dalam surat edaran tersebut diantaranya, penerimaan peserta didik baru pada SD tidak menerapkan tes kemampuan membaca, menulis dan berhitung atau bentuk tes lainnya,” terang Rusdi.

Kemudian, masa pengenalan lingkungan sekolah selama dua minggu baik di PAUD maupun di SD. Selanjutnya, menerapkan pembelajaran dengan membangun kemampuan fondasi anak secara berkesinambungan mulai dari PAUD sampai SD.

“Transisi PAUD SD adalah proses dimana anak berpindah dari perannya sebagai peserta didik PAUD menjadi peserta didik SD dan menyesuaikan diri dengan lingkungan belajar barunya, dimana transisi yang efektif adalah saat anak tidak perlu melakukan terlalu banyak penyesuaian sebagai akibat dari perpindahannya,” tambahnya.

Sementara itu, Bunda PAUD Nurul Vita Utami Kaffah mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Muara Enim dan Kepala Sekolah SDN 20 bersama jajarannya yang telah memfasilitasi pelaksanaan kegiatan ini, sebagai tindak lanjut dari berbagai kegiatan terkait transisi PAUD SD yang telah diikuti sebelumnya.

Dia mengatakan bahwa, proses transisi anak dari rumah ke satuan PAUD dan transisi anak dari satuan PAUD ke sekolah dasar menjadi sangat penting, dengan demikian orang tua dan guru harus memandang transisi PAUD SD sebagai suatu proses yang berkesinambungan sehingga anak siap belajar di sekolah dasar.

“Harapan kita semua tentunya dengan kebijakan transisi PAUD SD yang menyenangkan dapat meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Muara Enim. Dinas Pendidikan harus melakukan langkah-langkah penguatan kepada para pengawas, pendidik dan kepala satuan pendidikan dalam mendukung transisi PAUD SD kelas awal,” ujarnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *