SMKN 1 Tanjung Agung Menuju Sekolah Sehat di Sumsel

enimpost.com, MUARAENIM,– Kolaborasi Puskesmas dan SMK Negeri 1 Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan dalam rangka penyelenggaraan sekolah sehat. Keduanya menyelenggarakan Gerakan Nasional Aksi Bergizi yang diikuti seluruh siswa pada Kamis 12 September 2024 di halaman sekolah.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran siswa/siswi dalam membiasakan konsumsi Tablet Tambah Darah, konsumsi gizi seimbang, dan aktifitas fisik bagi anak sekolah. Serangkaian kegiatan untuk menyukseskan Aksi Bergizi, diantaranya senam bersama, sarapan bersama, edukasi kesehatan, serta minum Tablet Tambah Darah (TTD) bagi para siswa dan cek kesehatan untuk para guru dan staf tata usaha.

Senam diinstruktur oleh beberapa siswa dan gerakannya diikuti oleh seluruh siswa dan guru. Kepala Puskesmas Kecamatan Tanjung Agung, Amrullah, S.K.M., MM bersama Kepala SMK Negeri 1 Tanjung Agung Bambang Gusviantara SPd .MM dengan mengajak para siswa/i untuk sadar akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan memperhatikan asupan gizi yang seimbang di usia remaja. Kegiatan dilanjutkan dengan makan bersama bekal masing-masing siswa/i yang dibawa dari rumah dengan arahan sehari sebelumnya agar menyiapkan makanan dengan gizi yang seimbang dan meminum tablet penambah darah bagi para siswi.

 

“Kegiatan ini selaras dengan SMK Negeri 1 Tanjung Agung yang akan menuju sekolah sehat. Sekolah sebagai lembaga pendidikan punya peran penting dalam mensukseskan Gerakan Sekolah Sehat (GSS). Tujuan Gerakan Sekolah Sehat adalah mewujudkan peserta didik dan seluruh warga sekolah yang sehat, kuat cerdas dan berkarakter,” terang bambang.

Menurut Bambang, empat upaya dilakukan sekolah guna mewujudkan sekolah sehat. diantaranya, Pertama Sehat Fisik, yaitu terbiasa melakukan aktivitas fisik contohnya sepertinya senam bersama, Bermain voli dan kegiatan lainnya. Kedua, Sehat Gizi, yaitu mengonsumsi makanan bergizi contohnya seperti makan makanan bergizi bersama disekolah dan Minum tablet tambah darah. ketiga, Sehat Lingkungan, yaitu meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), contohnya seperti membersihkan area sekolah. dan Keempat Sehat Mental, yaitu meningkatkan perkembangan peserta didik dalam kesehatan mental sehingga mampu menyadari kemampuan sendiri dan mengatasi tekanan. Cntohnya yaitu setiap hari Jum’at mengadakan kegiatan keagamaan.

 

Untuk menuju kegiatan Gerakan Sekolah Sehat. SMK Negeri 1 Tanjung Agung mendukung penuh kegiatan bersama Puskesmas Kecamatan Tanjung Agung yaitu untuk melakukan beberapa kegiatan bersama seperti senam, membawa bekal makanan dari rumah yang memenuhi unsur gizi antara lain nasi, sayur, lauk pauk dan buah – buahan yang dimakan bersama – sama. Serta kegiatan positif lainnya,” imbuhnya.

 

Masih kata Bambang, Untuk menuju sekolah sehat, siswa/i juga telah terbiasa untuk membersihkan lingkungan sekolah yang melibatkan seluruh warga sekolah saat pagi atau pun sebelum pulang sekolah. Puskesmas Tanjung Agung juga memberikan cek kesehatan gratis untuk para guru dan staf tata usaha.

Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Puskesmas Tanjung Agung yang didampingi oleh para dokter dan ahli gizi yang juga didampingi oleh Kepala SMK Negeri 1 Tanjung Agung dan para guru serta staf tata usaha.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini kita semua agar ber sama-sama menjaga sekolah agar tetap dalam keadaan selalu bersih dan nyaman, kemudian para warga sekolah juga untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dimanapun berada, sehat jasmani dan rohani sehingga dapat tercapai sekolah kita menuju sekolah sehat dan semoga kegiatan aksi bergizi ini juga dapat memberikan banyak manfaat bagi semua serta mempererat silaturahmi diantara Puskesmas Tanjung Agung dengan SMK Negeri 1 Tanjung Agung,” tutupnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *