TK Aisyiyah Tanjung Enim Kunjungi Paud Aisyiyah Nur’aini Yogyakarta Untuk Studi Banding

Enimpost.com,MUARAENIM – TK Aisyiyah Tanjung Enim baru saja melaksanakan kunjungan Studi Banding ke Kota Gudeg Yogyakarta. Dengan tujuan mendatangi Paud Aisyiyah Nur’aini Ngampilan Kota Yogyakarta, guna melihat serta belajar mengelola Paud di pusat percontohan Paud tingkat nasional itu.

Lokasi TK Aisyiyah Tanjung Enim berada di Jalan Semut Kelurahan Pasar, berada di depan Pondok Pesantren Salafiyah Tanjung Enim.

Kepala TK Aisyiyah, Ida Hartati SPd Aud menerangkan, dalam rangka untuk meningkatkan mutu, dan kualitas pendidikan. Ia bersama pengurus PC Aisyiyah Lawang Kidul melaksanakan studi banding ke Yogyakarta.

Tujuannya belajar mengenai penerapan kurikulum merdeka di tingkat Paud, melihat perkembangan Paud disana untuk menjadi refrensi bersama memajukan TK Aisyiyah Tanjung Enim.

“Meskipun bangunan Paud Aisyiyah Nur’aini Jogja itu sederhana, akan tetapi sudah menerapkan kurikulum merdeka, alat peraga edukatif juga lengkap. Itu yang menjadi alasan kami ingin kesana, ingin mengembangkan mutu TK Aisyiyah Tanjung Enim dengan menerapkan kurikulum merdeka,”terang Ida, Senin (29/8/2022).

Ia mengulas pengalamannya melihat langsung sarana, dan prasarana sekolah selama studi banding kemarin. Kata dia lagi, dari segi sarana di miliki Paud di Yogya tersebut memang sudah lengkap, dan ramah anak. Ada kolam renang untuk siswa belajar mengembangkan bakat, ada gazebo sebagai tempat untuk bersosial, dan musyawarah bagi paguyuban sekolah.

“Kolam renang, dan gazebo pun akan kami bangun di TK Aisyiyah Tanjung Enim. Rencana tahun depan, Karena kita masih memiliki lahan yang cukup,” sambung dia.

Imbuh dia, dengan menerapkan kurikulum merdeka, kata dia, selain kurikulumnya sederhana, dengan itu lebih memberikan keleluasaan bagi siswa untuk memilih mata pelajaran sesuai dengan minat dan cara belajar yang interaktif. Misal dengan mendengar cerita tentang binatang Sapi, anak-anak bisa bermain membuat kandang sapi, membuat lapangan rumput untuk makan sapi dan lainnya.

“Saya meilhat langsung penerapan kurikulum merrdeka iti wakti studi banding tanggal 25 Agustus lalu itu. Sehingga akan kami siapkan untuk di TK Aisyiyah Tanjung Enim. Targetnya tahun depan bisa jalan, tergantung dengan kesiapan SDM dan Sarana dan Prasarananya,”imbuhnya.

Sementara itu, Ketua PC Aisyiyah Lawang Kidul, Hj Surayah mendukung kegiatan studi banding Kepala TK Aisyiyah Tanjung Enim dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Serta meningkatkan kepercayaan masyarakat, karena setiap tahun murid baru terus bertambah.

“Bahwa studi banding itu diikuti seluruh kepala sekolah TK Aisyiyah Bustanul Anfal se sumatera selatan bersama para pimpinan Wilayah Aisyiyah Palembang dan pimpinan Daerah,” urainya.

Saat ini murid TK Aishiyah dari 97 siswa di tahun 2021, pada penerimaan tahun 2022 mencapai 121 anak dengan 7 ruang belajar. Kegiatan anak-anak hingga Paguyuban beragam, seperti mengikuti pengajian rutin 1 kali seminggu, mengikuti petihan-pelatihan juga terus meningkatkan kualitas bacaan Al Qur’an baik tajwid maupun makhorijol huruf.

“Untuk menambah wawasan anak2, kita akan adakan program kunjungan ke Perusahaan-perusahaan, home industri terdekat, wisata alam. Dan kalau memungkinan kan kita akan ajak anak-anak berkunjung ke Bandara-Angkasa Pura untuk melihat berbagai pesawat,” urainya.(ep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *