SMPN 2 Lawang Kidul Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional

Enimpost.com, MUARA ENIM – SMP Negeri 2 Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan meraih penghargaan Adiwiyata Nasional tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

Penghargaan itu diserahkan oleh Menteri LHK Siti Nurbaya kepada Kepala SMP Negeri 2 Lawang Kidul, Heri Candra SPd MSi, di dampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muara Enim, Drs H Rusdi Hairullah MSI, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Muara Enim Alfarizal SH MH, serta pembina Adiwiyata PT Pamapersada Nusantara MTBU Faizal Imron, serta tim Adiwiyata Daerah. Dalam acara Penganugerahan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional Tahun 2023 di Auditorium Gedung Manggala Wanabhakti KLHK Jakarta, Selasa, (17/10/2023).

“Saya menyampaikan rasa syukur atas penghargaan Adiwiyata Nasional tahun 2023, yang diterima SMPN 2 Lawang Kidul. Tentunya ini hasil dari kerja keras seluruh tim Adiwiyata dan keluarga besar sekolah. Serta para pembina Adiwiyata tingkat Daerah dan Provinsi,” terang Heri Candra.

Menurutnya segenap jajaran SMP Negeri 2 Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim bertekad dan berkomitmen untuk terus meningkatkan dan bersinergi dengan semua pemangku kepentingan untuk menjadi sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan. Diantaranya inovasi yang ramah dikembangkan yakni, pembuatan sirup markisa, produksi sayur dengan hidroponik, dan produksi jamur tiram. Semuanya itu melibatkan seluruh guru, siswa, dan paguyuban.

“Sekolah kami satu-satunya SMP di Kabupaten Muara Enim yang lolos penilaian Adiwiyata Nasional tahun 2023. Kami merasa bangga menjadi bagian dari SMPN 2 Lawang Kidul yang mewakili Kabupaten Muara Enim di tingkat nasional,” imbuh Heri.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Drs H Rusdi Hairullah MSi, ikut serta mendampingi sekolah yang mendapatkan penghargaan nasional itu memberikan apresiasi, dan berharap ini bisa menjadi contoh, dan memotivasi sekolah lainnya untuk mewujudkan sekolah berwawasan lingkungan, sesuai dengan program Adiwiyata.

“Kami Keluarga Besar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muara Enim, mengucapkan Selamat dan Sukses atas prestasi yang diperoleh Adiwiyata Mandiri & Adiwiyata Nasional Tahun 2023. Adiwiyata Mandiri SDN 4 Ujanmas. Adiwiyata Nasional SDN 13 Lawang kidul, SDN 4 Lubai, SMPN 2 Lawang kidul, SDN 16 Muara Enim, SDN 7 Lawang kidul, SDN 3 Lawang kidul, dan MTSN 2 Muara Enim,”terang Rusdi.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *