50 Pustakawan Muara Enim Selesai Mengikuti Bimtek

Enimpost.com,MUARAENIM – Dinas Perpustakaan dan Kerarsipan Muara Enim selama dua hari melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas pengelola perpustakaan. Sebanyak 50 peserta mewakili Sekolah dan Desa mengikuti kegiatan tersebut sejak 26-27 September 2022 di Hotel Griya Sintesa. Acara di tutup oleh Kepala Dinas Panca Surya Diharta SH MH, Selasa (27/9/2022) sore.

“Saya sangat mengharapkan setelah mengikuti Bimtek Tenaga Pengelola Perpustakaan bisa diterapkan ilmu yg didapat ke Perpustakaan masing-masing sehingga bisa memberikan kontribusi untuk pembangunan berkelanjutan dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat dan Tingkat Kegemaran Masyarakat,” terang Panca.

Mewakili peserta, Poppy Prahmanasari SPd, pengelola Perpustakaan Melati Desa Tebat Agung Kecamatan Rambang Niru mengungkapkan, adanya bimtek ini sangat membantu para pengelola perpustakaan di desa maupun di sekolah. Sebab, untuk meningkatkan mutu, serta minat baca masyarakat itu di butuhkan inovasi, ide-ide kreatif yang menarik bagi warga untuk berkegiatan di Perpustakaan.

“Nah, dari Bimtek inilah para peserta bisa membuka wawasannya, menambah ilmu-ilmu dalam pengembangan perpustakaan, sehingga tujuan dari pemerintah daerah meningkatkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat dan Tingkat Kegemaran Masyarakat bisa tercapai,” ungkapnya.

Dia menambahkan, mewakili semua peserta juga, dia mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan Kabupaten Muara Enim yang telah melaksanakan kegiatan ini. Kemudian harapannya, kedepan pelatihan seperti ini dapat terus dilakukan, karena masih banyak sekolah dan desa yang belum mendapatkan kesempatan mengikuti kegiatan bimtek ini.

Sementara itu, Kabid Pengembangan Perpustakaan Rosmalena SE MM, Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Tenaga Perpustakaan dan Pustakawan Tingkat Daerah Kabupaten Muara Enim Tahun 2022 ini dengan tujuan untuk menyamakan persepsi para tenaga perpustakaan dalam mengelola perpustakaan sesuai dengan standar nasional perpustakaan.

“Melalui kegiatan Bimtek ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kami di bidang pendidikan. Sehingga pesertanya berasal dari tenaga pengelola Perpustakaan SD, SMP dan Perpustakaan Desa dalam Kabupaten Muara Enim,” urainya.(ep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *