Dewan Pendidikan Daerah Gelar Lomba Baca Tulis Alquran Tingkat SMP di Muara Enim

Enimpost.com,MUARA ENIM – Dalam rangka mendukung program Gerakan Baca Tulis Alquran (BTA) inovasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muara Enim. Dewan Pendidikan Daerah menggelar lomba Baca Tulis Alquran, Sholat, yang bertajuk Quiz Literasi Religius. Lomba tingkat SMP ini berlangsung di SMP Negeri 1 Lawang Kidul, Rabu (8/2/2023). Masing-masing sekolah mengirimkan 2 siswa mengikuti lomba tersebut.

Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Muara Enim, Sartimin SIP MM mengatakan, Quiz Literasi Religius ini berlangsung ke dua kalinya, setelah tingkat SD pada Desember 2022 lalu. Kegiatan tersebut mendapat dukungan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah, dalam rangka mendukung inovasi Gerakan Baca Tulis Alquran.

“Bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendorong percepatan gerakan baca tulis Al-Qur’an baik di tingkat SD dan SMP Sederajat. Kemudian memberikan motivasi kepada para siswa, dalam rangka pembiasaan taat ibadah, dan penguatan BTA,” kata Sartimin.

Kemudian bagi guru, khusunya mata pelajaran agama melalui kegiatan ini pula sebagai media refleksi, dan peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah. Sehingga, dapat terwujud generasi yang terampil, cerdas, dan religius.

“Masing-masing sekolah mengirimkan 2 siswa perwakilan. Total serta ada 86 anak. Kami mengucapkan terima kasih kepada sekolah-sekolah yang sudah ikut berpartisipasi pada kegiatan ini,” kata Sartimin.

Kepala SMP Negeri 1 Lawang Kidul, Dasty SPd menyambut baik, serta membantu memfasilitasi kegiatan yang di gelar Dewan Pendidikan Daerah kali ini. Melalui kegiatan ini pula, sebagai ajang promosi sekolah yang selama ini telah mendukung program Gerakan Baca Tulis Alquran, dan Sekolah Adiwiyata.

“Disini kami hanya memfasilitasi tempat kegiatan dari Pengurus Dewan Pendidikan Daerah. Karena kegiatan ini sangat positif, dan selaras dengan kegiatan yang ada di sekolah selama ini,” kata Dasty.

Sementara itu, usai lomba tersebut, Juara 1 di raih SMP Bukit Asam Tanjung Enim, Juara 2 SMP Muhammadiyah Tanjung Enim, Juara 3 SMP Negeri 1 Kecamatan Semendo Darat Laut (SDL), dan Harapan 1 di raih SMP Negeri 1 Lawang Kidul.(ep)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *