Panen Duku di Muara Enim Melimpah, Harga Anjlok

Enimpost.com,MUARA ENIM – Harga buah duku di Muara Enim sepekan ini mengalami penurunan. Turunnya harga harga buah yang banyak disukai itu akibat panen serentak di sejumlah wilayah di Kecamatan Ujanmas dan Gunung Megang.

Pantauan koran ini, para pedagang musiman buah dukung yang tersebar di sejumlah tempat, di Pasar Impres, maupun di sekitar Tugu Perjuangan Kota Muara Enim banyak di jumpai harganya turun drastis. Semula harga duku Rp 15 ribu per kilogram, sekarang ini harganya turun menjadi 8 ribu sampai 10 ribu per kilonya.

Krestano, salah satu pembeli duku di Kota Muara Enim mengatakan, sekarang ini harga duku sedang murah, sehingga banyak peminat. Menurut dia, selain murah, duku yang di jual pun rasanya manis, dan buahnya sangat tebal.

“Ini saya beli 5 kilogram, rasanya manis, dan buat oleh-oleh untuk keluarga di Tanjung Enim,”ungkap Krestano, Selasa (27/2/2024).

Kata dia, menurut pedagang duku musiman ditempat itu, bahwa turunnya harga duku ini disebabkan panen sedang melimpah. Meskipun permintaan dari luar kota masih tinggi, akan tetapi tidak sebanding dengan hasil panen duku pada tahun ini.

“Infonya panen duku di Ujanmas sedang melimpah, itu yang menyebabkan harga duku sekarang ini turun. Belum lagi nanti panen duku di Penanggiran Gunung Megang. Infonya juga akan panen serentak tidak lama lagi,” kata dia.

Sementara itu, John, salah satu pedagang duku mengungkapkan, tahun ini panen buah duku memang sedang melimpah di sejumlah wilayah di Kecamatan Ujanmas. Panen duku melimpah itu disebabkan cuaca yang bagus, sehingga membuat pohon duku berbuah melimpah.

“Memang benar, panen buah duku di Ujanmas sekarang sedang melimpah, atau lagi puncaknya. Nanti setelah ini disambut panen duku dari daerah lain, seperti Desa Penanggiran tinggal nunggu giliran,” ujarnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *