Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Sejak Dini

Enimpost.com, MUARAENIM – Pengurus Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kabupaten Muara Enim memberikan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut kepada siswa SD Negeri 3 Kecamatan Muara Enim, Senin (12/9/2022) di halaman sekolah. Acara tersebut diikuti 1000 siswa kelas 1 hingga kelas 6 pada saat memperingati Hari Kesehatan Gigi Nasional tahun 2022.

drg Wahyu Dwi Murtini, selaku penyuluh di hadapan para siswa yang tengah memegang sikat gigi mengatakan, genggam sikat gigi dan letakkan pasta gigi di atas sikat gigi. Sikatlah gigi dengan gerakan melingkar selama 20 detik setiap bagian gigi, lalu menyikat dengan lembut pada lobang gigi, kemudian sikat pula dengan lembut area lidah sehingga pembersiahan sempurna. Terakhir berkumurlah secukupnya dengan air bersih untuk membersihkan gigi. Sehingga gigi kembali bersih bebas dari bakteri.

“Menyikat gigi memiliki banyak manfaat diantaranya untuk mencegah gigi berlubang dan mencegah bau mulut. Jangan lupa untuk sikat gigi 2 kali sehari,” kata drg Wahyu.

Dikatakan, bahwa penyuluhan kesehatan gigi ini dengan sasaran 1000 siswa, dimana pada acara ini dengan peserta dari SD Negeri 3 Kecamatan Muara Enim. Masing-masing siswa mendapatkan sikat gigi, pasta gigi, dan gelar air untuk berkumur. Untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah, di bantu oleh personel dari PDGI yang terlibat membersihkan bekas air, dan pasta gigi mengunakan kantong plastik besar.

“Alhamdulilah acara ini sukses, dan mudah-mudahan melalui penyuluhan ini bisa meningkatkan kesehatan gigi sejak dini, dan dapat mencegah gigi berlobang, dan bau mulut,” urainya.

Sementara itu, Kepala SD Negeri 3 Muara Enim, Siti Romlah SPd mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan PDGI Kabupaten Muara Enim dalam rangka memberikan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut kepada siswa.

“Tentunya dengan adanya penyuluhan kesehatan gigi dan mulut ini akan memberikan pemahamam, serta pengetahuan kepada para siswa akan pentingnya gosok gigi minimal 2 kali sehafi, pagi dan malam hari sebelum tidur. Agar bakteri yang menempel bisa ilang, dan tidak mudah sakit gigi,” kata Romlah.(ep).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *